7 Tips Ampuh Menjaga dan Merawat Motor Agar Tidak Karatan

cara-jitu-merawat-motor-agar-tidak-karatanTips Menjaga dan Merawat Motor Agar Tidak Karatan

Tips Merawat Motor Agar Tidak Karatan – Setelah kemarin kita membahas bagaimana cara merawat mobil agar tidak karatan, sekarang saat kita pindah kendaraan ke motor. Gimana cara merawat motor agar tidak karatan?. Apa motor juga bisa karatan bro? tentu saja guys. Karena motor juga kan memiliki besi sebagai rangkanya, apalagi tipe motor cowo atau naked. Banyak besi yang terpasang disitu.

Kalo nggak dirawat ya bisa karat. Sebagai contoh, bagian motor yang paling sering berkarat adalah tangki motor. Tangki motor ini merupakan bagian yang paling penting pada motor, karena digunakan untuk tempat menampung bahan bakar.

Apalagi tangki motor cowok yang berada diluar, bakalan cepat banget berkarat kalo nggak dirawat. Biasanya bagian tangki yang sering terkena karat adalah bawah tangki. Ini dikarenakan seringnya terkena air dan tidak dilap atau tidak dibersihkan sehingga kotoran mengedap pada bagian bawah tangki dan memancing pertumbuhan karat. Sehingga body pada motor juga akan terlihat jelek karena ada karat yang menempel. Ngeri kan.

Tips ini juga akan berlaku untuk cara merawat mesin motor, baik itu motor matic, motor gede maupun jenis motor lainnya. Apalagi saat ini di Indonesia, motor matic menjadi primadona banyak orang. Dimana jenis motor ini memiliki banyak keuntungan yaitu tidak capek dan memiliki bagasi yang luas.

Cara atau tips merawat motor matic sama dengan cara merawat motor lainnya, yang membedakan mungkin cara merawat mesinnya saja. Perawatan motor matic dan jenis motor lainnya jika dilakukan secara rutin, akan membawa hasil yang bagus. Jadi jika kamu menginginkan motor kamu tetap awet, bisa pantengin terus nich artikel.

Perawatan untuk sepeda motor ini sangatlah penting, terlebih lagi saat musim hujan dan kamu tinggal dikota yang memiliki kadar asam dan polusi yang lumayan tinggi. Dimana kedua faktor ini yang menjadi salah satu penyebab terjadinya karat pada besi.

Baca Juga :

Selain tangki motor, bagian yang paling sering terkena karat adalah rantai motor, bagian bawah motor seperti standart, velg yang bertipe ruji dan bagian-bagian lainnya. Saat musim hujan, pemilik sepeda motor diharuskan ekstra dalam merawat motor mereka. Pasalnya, selain kadar asam, kotoran yang menempel pada motor jika air hujan tidak segera dibersihkan juga bisa menjadi penyebab terjadinya karat. Sebelum karat terjadi pada motor kamu, alangkah baiknya kamu menjaga agar tidak terjadi pada motor kamu.

Pengalaman yang pernah ane alami selama pakai motor cowo, tangki ane pernah tuch berkarat hingga bolong kecil-kecil. Alhasil ane boros bensin dan harus segera ganti tu tangki. Beberapa temen sich nyaranin buat di las aja. Tapi menurut ane percuma juga, mending sekalian ganti tangki aja.

Soalnya menurut ane, meskipun bagian yang bolong tadi sudah ditambal pake las, tapi bagian yang lain kan nggak dilapisi. Mana harga tu tangki lumayan mahal lagi. Tips ini ane rangkum menurut pengalaman ane dan beberapa saran dari temen-temen yang ane terapin ke motor ane dan alhamdulilah berhasil dengan baik. Langsung aja berikut 7 Tips Menjaga dan Merawat Motor Agar Tidak Karatan.

Tips Menjaga dan Merawat Agar Tidak Cepat Karatan

  1. Tips yang pertama adalah kamu harus rutin membersihkan atau mencuci motor kamu ya otomers. Jangan tanya kenapa harus begitu, tadikan udah dijelasin kalo air hujan bisa mempengaruhi pertumbuhan dari karat. Gunakan juga sabun atau shampo motor yang bagus untuk menjaga cat motor tidak kusam karena efek detergen didalam sabun atau shampo. Emang sich rada capek, apalagi motor kamu lagi kotor-kotornya dan musinya lagi musim hujan. Jadi sabar aja demi mempertahankan kegantengan motor kamu. Kalo malas nyuci motor kan ada jasa cuci kendaraan. Kamu bisa pake tu jasa cuci motor. Lebih praktis dan nggak perlu capek-capek. Bagian yang harus dibersihkan adalah seluruh bagain ya guys.
  2. Rutin bersihkan atau pantau terus kualitas dari rantai motor kamu. Rantai pada motor selain motor matic menggunakan bahan besi, dan bahan tersebut juga merupakan sasaran empuk dari karat. Bersihkan kotoran di rantai menggunakan sikat kecil atau bekas sikat gigi. Setelah itu, lumasi rantai dengan pelumas rantai motor ya. Jangan menggunakan pelumas bekas oli mesin. Karena itu akan mengurangi kinerja rantai sehingga tidak bisa berkeja secara maksimal dan kotoran malah menumpuk dirantai. Untuk pelumas rantai motor yang bagus, kamu bisa tanya ke toko assesoris motor. Biasanya mereka juga jual tu pelumas khusus rantai motor. Pembersihan pada rantai motor, bisa kamu lakukan selama 1 minggu sekali atau paling malas 1 bulan sekali. Sehingga rantai motor terbaik kamu bisa tetap awet dan tidak berisik.
  3. Selain rantai, knalpot juga menjadi sasaran empuk berikutnya dari karat. Biasanya, sisa air cucian atau air hujan masih mengendap pada bagian leher knalpot. Endapan air ini akan menampung kotoran yang ikut pada air tersebut, sehingga juga akan memancing karat datang berkunjung. Biasanya beberapa pemiliki sepeda motor akan meremahkan hal ini, padahal mah ini juga penting biar knalpot kamu nggak cepet rusak.
  4. Bersihkan bagian-bagian velg, terutama kamu yang menggunakan velg bertipe ruji atau ada unsur besi didalamnya. Bersihkan juga bagian-bagian yang berdekatan denga velg, seperti rem dan bagian lainnya. Bila perlu lap dengan kain kering, jangan sampai ada endapan air di velg tersebut. Bila perlu sikat juga bagisn-bagian dari velg yang sulit dijangkau.
  5. Bersihkan sela-sela mesin motor dan bagian bawah motor. Gunakan sikat kecil untuk menjangkaa bagian-bagian yang sulit dijangkau. Sikat ini bisa kamu beli di toko perabotan atau keperluan rumah tangga. Biasanya bagian bawah motor jarang sekali dibersihkan, karena memang sulit untuk dijangkau. Pembersihan akan mudah jika kamu memiliki beberapa peralatan yang bisa menjangkau bagian-bagian sulit tersebut.
  6. Gunakan wax atau silicon bila perlu. Penggunaan silicon ini bertujuan untuk melindungi cat motor kamu agar tidak kusam atau berkurang kualitasnya. Biar motor kamu tetep kinclong. Tips yang satu ini juga bagian yang penting dalam cara merawat body motor yang bagus dan benar. Perawatan harus dilakukan dari luar dalam ya, biar ganteng maksimal.
  7. Tips yang terakhir adalah service secara berkala dan pantau terus kinerja dari motor kamu. Ganti oli secara berkala dan rutin. Jika motor kamu tipe matic, maka gunaka oli motor matic terbaik atau oli untuk motor matic dan begitu juga dengan jenis motor yang lainnya, gunakan oli motor terbaik. Saat service dilakukan jangan malu untuk bertanya pada mekanik bengkel tersebut mengenai kondisi motor anda. Siapa tahu dari mekanik tersebut kamu juga mendapatkan tips merawat motor yang bagus dan benar.

7 Tips Menjaga dan Merawat Motor Agar Tidak Karatan tersebut merupakan pengalaman pribadi ane dan berasal dari sumber yang berpengalaman. Memang sich merawat motor perlu ketelatenan dan ketekunan tingkat tinggi. Apalagi saat musim hujan. Ya,,itung-itung menghargai hasil kerja kerasmu atau kerja keras orang tuamu yang sudah bersusah payah bekerja untuk bisa membelikan motor buat kamu. Tips tersebut berlaku untuk semua jenis motor. Mungkin ada perbedaan sedikit ya. Namanya juga orang pasti ada salahnya.

Cukup sekian tips yang bisa ane kasih kali ini. Semoga dengan adanya tips ini, bisa memberikan manfaat buat otomers semuannya. Berkendaralah yang sopan dan jangan ngebut dijalan. Bawa terus surat-surat kendaraan kamu jangan sampai ketinggalan dirumah. Pantau terus situs gaol bengkelantikarat.com yang bakalan kasih info mengenai otomotif terupdate sejagat. Bila perlu dishare juga biar yang lain nggak kudet. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • anti karat motor
  • cara merawat motor dari karat
  • penyebab motor karatan
  • merawat rangka motor
  • cara merawat vleg agar tdk cepat berkarat
  • cara merawat rangka motor
  • cara agar mesin montor tidak berkarat
  • cara mudah menghindari karat pada motor metik
  • perawatan besi motor
  • cara merawat motor agar tidak karatan
7 Tips Ampuh Menjaga dan Merawat Motor Agar Tidak Karatan | risqa | 4.5