Tips Jitu Mengatasi Bunyi Nembak Pada Knalpot Motor

mengatasi-knalpot-nembakTips Jitu Mengatasi Bunyi Nembak Pada Knalpot Motor

Tips Jitu Mengatasi Knalpot Nembak – Mungkin salah satu atau beberapa dari otomers pasti pernah mengalami hal seperti ini. Ya,,suara knalpot nembak saat gas turun. Kebanyakan penderita dari penyakit ini adalah motor matic. Knalpot motor matic memang yang paling sering mengeluarkan suara nembak. Sebenarnya penyakit ini bukan hanya diderita sama motor matic saja, namun berbagai jenis motor akan mengalami gejala ini jika tidak dirawat dengan baik.

Dari banyaknya tipe motor yang cukup sering mengalami penyakit ini adalah motor Yamaha Matic Mio. Penyebab knalpot nembak pada mio ini hampir sama dengan penyebab knalpot nembak pada motor lainnya. Mungkin beberapa dari kamu  akan beranggapan bahwa kejadin  ini sepele, namun jika dibiarkan akan berdampak  besar.

Umunya suara ledakan ini selain terjadi pada knalpot motor matic, juga biasa dialami pada knalpot ninja 250 fi, knalpot satria fu, knalpot vixion, knalpot racing byson, knalpot beat. Bahkan saking kencengnya suara yang dihasilkan, suara nembak pada knalpot ini gak kalah kenceng sama suara knalpot brong. Sampe-sampe suara knalpot ninja 250 yang disukai banyak pria kalah kenceng sama suara ledakan knalpot ini. Bikin ngeri saja ni penyakit.

Suara bunyi nembak ini tentu bikin kamu malu. Motor udah keren, pake moge lagi kayak Ninja 250 Fi. Eh,,,, suara knalpot nembak, mana kenceng banget lagi. Malu dilihat sama mbak-mbak yang lagi ngerumpi. Penyakit jenis ini memang sekilas hanya sebuah penyakit yang sepele.

Namun kalo kamu nggak segera benerin motor kamu, bisa-bisa bakalan ada efek berkelanjutan guys. Beberapa web atau blog mungkin sudah membahas tentang penyakit ini dan tips mengatasi suara nembak pada knalpot motor. Namun, kami akan memberikan semua informasi mengenai suara nembak pada knalpot motor. Baik itu dari penyebabnya hingga penanganan dan perawatan. Nanti kita akan membahas satu persatu.

Baca Juga :

Suara atau bunyi nembak yang terjadi pada knalpot motor kebanyakan terjadi ketika posisi selongsong pada gas motor setelah ditarik dan diulur kembali secara tiba-tiba. Seperti situasi ketika ngerem mendadak atau akan berhenti. Tarikan gas yang awalnya kenceng tahu-tahu turun drastis. Nah,,dari situasi inilah suara meledak itu akan muncul. Kejadian penurunan dan tarikan gas ini merupakan efek ‘Knocking’.

Pengertian dari Knocking ini adalah pembakaran bahan bakar yang tidak normal yang ditandai dengan suara meledak atau nembak pada knalpot. Penyebab dari kejadian ini ada berbagai macam, mulai dari oktan bahan bakar, ignition timing kurang tepat, detonation dan pre ignition. Knocking ini akan memberikan dampak yang serius jika motor kamu tidak segera diatasi.

Hasil dari bunyi ledakan ini akan disertai dengan getaran yang cukup kencang sehingga bisa mempercepat kerusakan pada mesin motor, khususnya pada bagian piston, connecting rod dan bagian dalam mesin lainnya. Suara nembak yang terjadi terkadang berbunyi sangat keras sehingga mengganggu orang disekitar. Sebenarnya banyak sekali penyebab knalpot nembak dan keluar api. Mulai dari knalpot yang usang, hingga setingan karburator pada motor.

Sebelum kita membahas membahas tips memperbaiki suara nembak pada knalpot, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu penyebab suara nembak pada knalpot motor.

Penyebab Suara Nembak Pada Knalpot Motor

  1. Campuran udara pada bahan bakar yang tidak diproses secara sempurna oleh busi alias pembakaran sudah terjadi sebelum busi beraksi. Kejadian ini biasa disabut dengan Detonation. Ketidak sempurnaan pembakaran ini terjadi karena bahan bakar yang ada diruang bakar sudah terbakar dan meledak terlebih dahulu sebelum pembakaran yang sebenarnya yang dilakukan oleh busi. Pembakaran yang lebih maju ini mengakibatkan siklus pada pembakaran kurang maksimal, dimana pembakaran yang tepat hanya dilakukan satu kali dalam setiap siklus serta pada waktu yang tepat pula. Terjadinya pembakaran prematur ini menimbulkan suatu tekanan dalam ruang bakar sehingga melepaskan suara yang kencang.
  2. Oktan bahan bakar yang rendah atau tekanan dan temperatur pada ruang bakar terlalu tinggi, sehingga bahan bakar tersebut akan terbakar dengan sendirinya sebelum terjadi bunga api yang dihasilkna oleh busi. Kejadian ini juga biasa disebut dengan Pre Ignition. Perbedaan dari Pre Ignition dengan Detonation adalah pada pembahakarannya. Jika pada Detonation pembakaran sudah terjadi sebelum percikan bunga api dari busi, maka Pre Ignition terjadi karena ada panas atau percikan bunga api yang sudah terjadi terlebih dahulu yang dihasilkan selain atau bukan dari busi. Pemilihan dari bahan bakar ini juga berpengaruh pada proses pembakaran yang sempurna. Jika kamu mengisi bahan bakar dengan oktan kecil yang seharusnya menggunakan bahan bakar dengan oktan sedang atau besar, maka Knocking bisa terjadi pada motor kamu. Pencampuran antara dua jenis bahan bakar juga tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang. Pasalnya, beberapa orang beranggapan ketika mencapurkan dua jenis bahan bakar akan memberikan efek positif pada motor. Padahal pencampuran tersebut tidak membawa efek apapun. Yang ada pencampuran tidak sempurna sehingga oktan pada bahan bakar tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Beberapa motor mungkin akan mengalami mogok karena tidak cocok dengan pencampuran seperti ini.
  3. Faktor yang paling sering terjadi adalah packing knalpot motor yang kurang baik. Meskipun bobot dari knalpot ini memang ringan, namun dalam hal packing juga harus diperhatikan sebagai penyedia, distributor hingga produsen knalpot motor. Packing yang kurang baik bisa mengakibatkan kerusakan pada knalpot itu sendiri, sehingga gas buang akan mengalami kebocoran dan menimbulkan suara ledakan.
  4. Penyebab lain dari suara ledakan tersebut juga bisa berasal dari AIS. AIS merupakan singkatan dari Air Injection System. Motor dengan Sistem AIS ini biasanya terdapat pada motor baru yang memiliki teknologi injeksi. Fungsi dari sistem ini adalah untuk mengurangi kepekatan pada gas buang dengan cara menginjeksikan O2 ke ruang bakar. Sehingga pembakaran yang kurang sempurna bisa dinetralisir dengan campuran O2 dari AIS ini. Motor injeksi yang mengalami penyakit suara meledak berasal dari gas sisa pembakaran yang tidak ikut keluar melalui gas buang. Sehingga menimbulkan tekanan dan suara seperti letupan atau ledakan atau nembak.
  5. Faktor berikutnya adalah karet vacum yang mengeras. Karet Vacum ini biasanya ada pada motor yang menggunakan karburator vacum. Biasanya karburator vacum ini pada motor matic dan Motor Yamaha. Karet Vacum ini mengeras diakibatkan panas mesin yang berlebihan atau seringnya terkena cipratan dari bahan bakar.
    Karet Vacum Motor

    Karet Vacum Motor

    Fungsi dari karet ini adalah untuk skep naik agar bisa membuka lubang venturi. Dikarenakan karet vacum ini mengeras, sehingga proses pembukaan kurang maksimal dan bisa mengakibatkan mampet alias tertahan. Solusi untuk karet jika sudah mengeras adalah kamu harus mengganti karet vacum dengan yang baru, bila perlu ganti yang original atau yang berkualitas bagus.

  6. Setelan angin-angin pada karburator yang kurang pas. Beberapa penyetingan pada karburator akan terasa sulit pada karburator vacum. Selain sering terlewatkan proses penyetingan ini, beberapa pemilik motor sengaja menyeting dengan harapan motor bisa lebih irit lagi. Untuk penyetingan pada karburator, kamu bisa bawa kebengkel motor langganan kamu dan segera sesuaikan dengan setingan yang semestinya.
  7. Kondisi dari piranti Knalpot itu sendiri. Yang menjadi masalah adalah apakah knalpot ini merupakan knalpot standart atau bukan. Yang dimaksud standart adalah bisa standart dari pabrik atau standart dari sebuah knalpot. Jika knalpot kamu tidak standart, kemungkinan besar akan mengalami penyakit ini. Jika knalpot kamu standart dan masih mengeluarkan bunyi ledakan, bisa jadi knalpot kamu mengalami kebocoran. Solusi untuk kebocoran dari knalpot ini, kamu cukup bawa ke tukang las saja, dan ditambal dengan sempurna.
  8. Penyebab yang terakhir adalah kondisi busi yang tidak layak pakai. Fungsi busi pada motor adalah untuk menimbulkan bunga api serta menjadi penghubung antara pengapian dan ruang bakar. Suara meledak yang diakibatkan oleh busi ini ada 3 faktor yaitu busi yang sudah aus dan tidak layak pakai, kemudian adanya kerak pada busi tersebut. Jika memang ada kerak, bersihkan menggunakan amplas. Faktor terakhir adalah busi basah. Busi bisa basah dikarenakan adanya air yang masuk. Air masuk bisa dari luar bisa dari karburator. Basahnya busi yang dihasilkan dari karburator dikarenakan pemabakaran pada karburator yang terlalu berlebihan.

Seperti itulah beberapa penyebab dari suara nembak dari knalpot motor. Nah, kalu udah tau penyebabnya apa saja, sekarang kita bahas gimana cara memperbaiki suara nembak dari knalpot. Ada beberapa cara perbaikan yang bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Perbaikan ini juga harus diperhatikan, karena jika terdapat kesalah pada perbaikan bisa-bisa bukan malah bener tapi malah rusak motornya. Berikut ini adalah cara memperbaiki suara knalpot nembak.

Tips Mengatasi Knalpot Nembak

  1. Kita lihat pada bagian karburator dan teman-temannya. Cek setelan pada pilot screw atau angin-angin pada karburator. Pada penyetelan ini disarankan sesuai dengan standart motor yaitu 2 sampai 3 putaran atau sesuai dengan kebutuhan dan kriteria motor kamu.
  2. Cek kelayakan busi. Setiap kali kamu melakukan perawata atau service motor, usahakan selalu mengecek kondisi kelayakan dari busi motor kamu. Jika sudah tidak layak pakai, segera ganti dengan busi yang baru. Kelayakan sebuah busi normalnya adalah tiap 6000 km harus diganti. Kemudian jangan sampai lupa untuk melakukan pengaturan ulang gap busi menjadi 0.7 mm menggunakan fuller gauge.
  3. Lakukan checking juga pada filter udara. Filter udara ini berfungsi untuk menyaring udara yang kotor agar tidak menghambat saluran udara ke karburator. Kelayakan dari filte udara ini biasanya sampai 15.000 km. Beberapa jenis motor ada yang menggunakan filter udara dengan tipe basah dan kering. Jika motor kamu menggunakan filter udara dengan elemen kering, kamu cukup menyemprotkan filter tersebut menggunakan kompresor, tapi jika memang sudah sangat kotor lebih baik ganti yang baru. Nah, untuk filter dengan elemen basah, ketika sudah mencapai 15.000 km alangkah baiknyalangsung diganti, karena elemen basah tidak bisa disemprot dengan mudah.
  4. Rutin lakukan pengecekan pada AIS bila perlu. Kesalahan yang sering terjadi pada AIS biasanya terjadi pada membran yang suka error. Solusi untuk mengatasi hal ini sebenarnya muda, otomers cukup menutup selang AIS yang menuju ke luban buang.
  5. Rutin lakukan service berkala pada motor kamu, agar bisa mengetahu gejala atau penyakit apa yang diderita sama motor kamu. Dengan service rutin, motor kamu juga bakalan terawat dengan baik. Kemampuannya pun tetap terjaga.

Seperti itulah Tips Jitu Mengatasi Knalpot Nembak yang udah kita bahas. Pada dasarnya, penyebab utama adalah kurangnya perhatian alias perawatan terhadap motor. Kalo motor jarang dirawat, tentu bakalan banyak penyakit yang dateng. Dengan perawatan rutin dan berkala, motor kamu bakalan tetap pada kondisi prima. Jika kamu ingin memodifikasi knalpot, modifikasi yang sesuai dengan standart. Sehingga bunyi yang dikeluarkan bukan bunyi nembak.

Cukup sekian ya, tips yang bisa ane kasih kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa memberikan banyak manfaat buat otomers semuannya. Berkendaralah yang sopan dan jangan ngebut dijalan. Bawa terus surat-surat kendaraan kamu dan jangan sampai ketinggalan dirumah.

Patuhi rambu-rambu lalu lintas agar aman untuk semua orang. Pantau terus situs gaol bengkelantikarat.com yang bakalan kasih info mengenai otomotif terupdate sejagat. Bila perlu dishare juga, biar yang lain nggak kudet. Terima kasih

Incoming search terms:

  • penyebab knalpot nembak dan keluar api
  • penyebab klapot satria fu nembak
  • penyebab knalpot nembak pada motor injeksi
  • seting karbu knalpot nembak saat turun gas
  • knalpot racing nembak
  • penyebab knalpot nembak2
  • penyebab knalpot nembak pada motor matic
  • knalpot racing byson injeksi nembak
  • karburator keluar api
  • solusi knalpot meletus dan apa penyebabmya
Tips Jitu Mengatasi Bunyi Nembak Pada Knalpot Motor | risqa | 4.5