Tampilan Garang Yamaha YZF R1 Terbaru

Tampilan Garang Yamaha YZF R1 Terbaru

Tampilan Garang Yamaha YZF R1 – Setelah kita membahas peperangan dikelas 250 cc, ada yang menarik dikelas 1000cc. Apakah itu??? Ya.. Tampiilan Baru Yamaha YZF R1 yang menjadi lebih garang. Bak pesilat tangguh dengan body binaragawan. Itu menurut ane sich.

Bagi para pecinta balap MotoGP khususnya penggemar valentino Rossi untuk saat ini jika mengingginkan merasakan tungganganya bisa terwujud. Pasalnya Yamaha meluncurkan motor terbaru yang didesain mirip tunggangan Rossi di motoGP. Motor super sport YZF R1 yang memiliki beberapa perubahan dan direncanakan resmi di rilis pada tahun 2017. Bakalan jadi tahun yang mendebarkan, karena banyaknya varian motor baru di kelasnya masing-masing.

Perubahan yang terjadi pada Yamaha YZF R1 terbaru sangat drastis yakni pada sisi tampilannya yang jauh berbeda dengan Yamaha YZF R1 dengan versi sebelumnya. Dengan tampilan yang dibuat mirip dengan motor balap mereka di ajang MotoGP yaitu Yamaha YZF M1 yang mempunyai gen balap luar biasa diajang balap motor nomor satu di dunia. Kabarnya motor super sport terbaru tersebut dikembangkan bersama jawara 9 kali MotoGP asal Itali yaitu Valentino Rossi.

Yamaha sendiri memperkenalkan motor super sport andalan mereka dengan 2 versi berbeda. Yamaha YZF R1 dan YZF R1M kedua versi tersebut mempunyai spesifikasi berbeda. Yamaha YZF R1 dikhususkan untuk penggunaan harian atau jalanan, sedangkan Yamaha YZF R1M dikususkan untuk keperluan balap saja. Tentunya spesifikasi dan power motor super sport tersebut sangatlah berbeda karena memang dibuat untuk keperluan yang berbeda.

yamah yzf r1 dan r1m

Generasi terbaru motor super sport tersebut dibekali dengan mesin 4 silinder sistem cross plan yang mampu memuntahkan tenaga hingga 200PS tanpa menggunakan teknologi RAM induction ataupn supercharge. Power yang tersebut ditopang dengan bobot yang makin ringan yaitu seberat 199 kg dalam kondisi penuh dan 179 kg dalam kondisi kosong. Banyak pengembangan yang terjadi pada Yamaha YZF R1, diantaranya :

  • Power Delivery Mode (PWR) yang memungkinkan melalakukan settingan penyesuaian sudut gas yang tepat untuk menyalurkan power pada motor.
  • Traction Control System (TCS) yang memungkinkan untuk mengatur lean angle pada motor agar dapat mencegah slip ban belakang karena power yang besar pada saat keluar tikungan.
  • Slide Control System (SCS) merupakan teknologi terbaru yang pertama hadir dalam motor produksi masal. Teknologi ini berfungsi mengurangi terjadinya slide pada ban belakang dengan cara mengurangi power secara otomatis dan akan dikembalikan secara full apabila ban terdeteksi dalam keadaan normal.
  • Lift Control System (LIFT) berfungsi untuk mencegah bagian body motor depat terangkat berlebihan pada saat akselerasi secara spontan.
  • Launch Control System (LCS) akan membatasi teriakan RPM pada putaran mesin 10.000 RPM secara otomatis walau gas dibuka penuh. Dengan kombinasi TCS dan LIFT maka YZF R1 akan berakselerasi secara maksimal pada saat start.
  • Quick Shift System (QSS) berfungsi agar motor melakukan shifting dengan cepat tanpa menggunakan kopling. Fungsi tersebut hampir tidak menurunkan RPM pada motor sehingga akan mendapatkan laptime yang lebih cepat.

Kaki-kaki yang kokoh juga turut di sematkan pada motor super sport dari yamaha ini, lengkap beserta velg tapak lebar berbalut ban tubeless dengan daya cengkram tinggi, serta tak lupa sistem pengereman berfitur ABS dijadikan tumpuan dari Motor Yamaha YZF R1, untuk membuat pengguna merasa lebih aman ketika melakukan pengereman secara mendadak, dan lebih jelas mengenai fitur dan seberapa besarkah power yang dihasilkan oleh Yamaha YZF R1, otomers dapat simak langsung ulasan kami dalam Spesifikasi dan Harga Yamaha YZF R1 dibawah ini.

Yamaha YZF R1 Indonesia

Spesifikasi Yamaha YZF R1

Mesin 
  • Engine type : liquid-cooled, in-line 4 cyliner ,4-stroke, DOHC, 4-valves
  • Displacement : 998cm3
  • Bore x stroke : 79.0 mm x 50.9 mm
  • Compression ratio : 13.0: 1
  • Maximum power : 147.1 kW (200.0PS) @ 13.500 rpm
  • Maximum torque : 112.4 Nm (11.5) kg-m @ 11.500 rpm
  • Lubrication system : Force-speed lubrication, wet sump
  • Fuel supply system : Fuel Injection
  • Ignition system : TCI
  • Starter system : Electric
Transmisi
  • Type : Constant Mesh 6-Speed
  • Clutch type : Wet, multiple-disc
  • Final drive : Chain
Dimensi
  • Overall (L x W x H) : 2065 mm x 690 mm x 1150 mm
  • Wheelbase : 1405 mm
  • Ground Clearance : 130 mm
  • Seat Height : 855 mm
  • Curb Weight : 199 kg
  • Caster Angle/Trail : 24°
  • Fuel Capacity : 17 Liters
Frame
  • Type : Aluminium Deltabox
  • Suspensi Depan :
    Upside-down telescopic fork 43 mm
  • Suspensi Belakang :
    Swingarm, (link suspension), Monoshock
Sistem Pengereman / Ban
  • Depan :
    Hydraulic dual disc 310 mm
  • Belakang :
    Hydraulic single disc 220 mm
  • Ukuran Ban / Velg Depan :
    120/70 ZR17M/C (58W)
  • Ukuran Ban / Velg Belakang :
    190/55 ZR17M/C (75W)
Color
  • Race Blue
  • Tech Black

Dimensi Yamaha YZF R1

Terinspirasi dengan adanya Moto GP yang memiliki bentuk tubuh besar dan body yang didesain sangar, memnjadikan Motor super sport ini memiliki sisi aerodinamis yang tinggi, manakala otomers melihat rangka alumunium deltabox yang dibalut body meruncing di bagian depan, yang diteruskan ke bagian belakang, yang juga terlihat meruncing, lengkap dengan tempat duduk / jok yang di desain terpisah antara bagian depan dan bagian belakang. Kemudian untuk tangki bahan abakarnya sendiri dibuat besar, yang sanggup untuk menampung bahan bakar hingga 17 liter.

Penggunaan rangka jenis deltabox ini memang sengaja di buat oleh yaamah, yang selain membuat tampilan lebih berotot, rangka ini juga memiliki fungsi dapat menambah tingkat kestabilan yang ada menjadi lebih tinggi. Selain itu, untuk memberikan informasi yang akurat terhadap para penggunanya, Yamaha melengkapi YZF R1 dengan teknologi canggih di bagian speedometer atau bahasa otomotifnya berarti Thin-film Transistor LCD Meter. Dimana LCD tersebut dapat memberitahukan seputar keadaan mesin, seperti tachometer, indikator bahan bakar, gigi, kecepatan, suhu mesin, timer, yang disajikan secara akurat dan tepat.

Mesin Yamaha YZF R1

Lalu untuk performa, otomers tak perlu ragukan lagi, dikarenakan Yamaha YZF R1 dibekali mesin dengan 4 silinder bertipe DOHC 4-valves, yang memiliki kubikasi 998 cc, dengan kompresi mesin tingkat tinggi, yang memiliki perbandingan 13.0 : 1. Adanya mesin yang demikian, Yamaha YZF R1 dapat menyemburkan tenaga sebesar 200 PS pada putaran mesin 13.500 RPM, sedangkan untuk torsi maksimal yang daapt diraih oleh Motor super sport ini meraih angka 112.4 Nm pada putaran mesin RPM 11.500. Terlebih pada unit terbaru dari Yamaha YZF R1 telah diperkuat adanya Titanium Intake valves dan Stel Exhaust Valves berdiameter 33mm dan 26,5mm.

Bukan hanya itu saja, lebih dapat mendongkrak performa agar menjadi lebih dan tak terkalahkan dalam mode harian atau balapan, yamaha juga menyelipkan fitur canggih berupa YCC-T (Yamaha Chip Control Throttle) dan YCC-I Yamaha Chip Controlled Intake). Dengan adanya kedua fitur tersebut, membuat Yamaha YZF R1 semakin tak terlkalahkan, yang mana dirinya dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 300 km/jam dalam hitungan detik. Ditambah lagi penggunaan New Titanium Exhaust system atau bisa juga disebut dengan knalpot berfitur EXUP.

Spesifikasi Yamaha YZF R1

Spesifikasi Yamaha YZF R1

Bagian pembuangan tersebut di buat dari material titanium yang ringan, yang disamping itu juga dapat mengatur arus pembuangan sesuai dengan RPM, jadi tidak hanya menambah tampilan lebih gagah, akan tetapi dapat mendongkrak performa menjadi lebih.

Perlu otomers ketahui menghenai beberapa kemajuan yang dibawa oleh motor super sport yang sau ini, diantaranya dengan adanya PWR (Power Delivery Mode) : fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan sudut gas secara tepat dalam kaitannya menyalurkan power terhadap si motor. TCS (Traction Control System) : fitur ini dapat mencegah dari terjadinya selip ban belakang yang diakibatkan power terlalu besar sewaktu berada di tikungan.

Baca Juga :

Selanjutnya ada SCS (Slide Control System): Teknologi anyar yang pertama kali di produksi secara masal untuk diterapkan pada sebuah motor untuk menditeksi keadaan ban, denga cara kerja mengurangi power secara otomatis sewaktu berada di tikungan, dan mengembalikan secara full bila sensor tersebut sudah menditeksi posisi ban dalam keadaan normal, LCS (Launch Control System): sebuah fitur yang membatasi RPM ketika si pengguna melakukan tarikan gas secara penuh pada saat awal akan menjalankan motor, LIFT (Lift Control System): sebuah sistem yang dapat mencegah bagian body motor terangkat pada saat akseslerasi spontan.

Dan terakhir ada QSS (Quixk Shift System) yang memiliki fungsi agar motor dapat melakukan shifting secara cepat tanpa menggunakan kopling dan tanpa mengurangi RPM sewaktu si pengguna memacunya. Banyak juga yah ternyata fitur teknologi canggih yang di pakai pada motor gede buatan yamaha ini, jadi cukup pantas jika Harga Yamaha YZF R1 dibanderol tinggi. Kemudian pada sisi kenyamnannya, kaki-kaki yang kokoh dan tangguh menopang seluruh badan besar dari Yamaha YZF R1. Seperti pada sisi bagian depan yang dilengkapi shock upside-down berdiameter 43mm.

Suspensi dan Kaki-kaki Yamaha YZF R1

Sementara pada bagian belakang Yamaha YZF R1 menggunkan link suspension dengan 4 cara penyetelan, menyesuaikan kenyamanan dari si pengguna. Melalui keduanya suspensi yang kami sebutkan, Yamaha YZF R1 dapat mengoptimalkan handling dan menjaga kestabilan secara lebih di berbagai jenis track / media jalan. Sedangkan sistem kemanannya, Harga Yamaha YZF R1 yang tergolong mahal, juga terlihat sesuai dengan apa yang dimilikinya, karena dirinya di bekali teknologi ABS (Anti Lock Brake System) dan UBS (Unified Braking System) yang diterapkan pada double disc berdiameter 320mm pada bagian depan dan 220mm di abgain belakang.

Dengan teknologi tersebut, otomers sebagai pengguna dapat melakukan pengereman secara maksimal meski dilakukan secara mendadak atupun pada saat kecepatan tinggi. Dukungan keseimbangan pun datang lagi, kali ini datang dari Velg Magnesium dengan 10 spoke, yang diklaim dapat menahan beban kendaraan sewaktu bermanuver, sehingga pengguna akan lebih mudah untuk mengendalikan laju kendaraan. Ada juga Immobilizer Ignition System, sebuah teknologi yang biasa kita temui pada mobil yang meiliki sistem kerja, tidak ada yang bisa menyalkakan mesin dengan kunci duplikat, atau dengan kata lain, hanya kunci asli lah yang dapat menyalakan mesin Yamaha YZF R1.

Warna Yamaha YZF R1

Untuk model terbaru tahun 2017, New Yamaha YZF-R1 bakal memiliki dua tampilan segar. Selain warna, bagian grafis oleh pihak Yamaha juga mendapat sejumlah sentuhan ubahan. Dua warna dan grafis yang akan membalut superbike bermesin 1000cc terbut yakni Tech Black dan Race Blu.

Yamaha YZF R1 Tech Black

Yamaha YZF R1 Tech Black

Yamaha YZF R1 Race Blue

Yamaha YZF R1 Race Blue

Rider yang akan lebih awal merasakan motor baru ini yakni negara-negara Eropa. Pasalya Yamaha Motor Eropa sudah mempersiapkan website khusus yang akan dibuka tanggal 11 Oktober 2016 sebagai cara untuk memesan motor tersebut.

Harga Yamaha YZF R1

Spesifikasi yang sangat lengkap dengan mengadopsi fitur dan teknologi canggih yang diterapkan pada sebuah motor balap setara Moto GP, membuat Harga Yamaha YZF R1 mendapatkan label harga yang sepadan. Tidak murah dan tidak sedikit untuk bisa memboyongnya pulang kedalam garasi rumah, karena Harga Yamaha YZF R1 sendiri dilepas dengan nominal budget hampir menyentuh 1/2 M bahkan bisa lebih. Tapi perkiraan harga yang akan dilepas untuk Motor Super Sport ini menurut ane bakalan tidak jauh beda , ya mungkin akan naik sedikit  dengan sebelumnya yaitu Rp. 495 juta untuk R1 dan Rp. 645 juta untuk R1 M

Bagi yang berminat untuk membeli online, Yamaha akan memverifikasi datanya. Dan untuk pengiriman ke pembeli, akan ready stok pada bulan Maret 2017 mendatang. Silahkan menabung dulu ya guys, biar bisa bawa pulang ini motor sport. Inget, kalo udah bisa beli jangan lupa dirawat ya.

Demikian ulasan mengenai Tampilan Garang Yamaha YZF R1 yang bisa ane berikan. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa memberikan banyak manfaat buat otomers semuanya. Berkendaralah yang sopan dan jangan ngebut dijalan. Bawa terus surat-surat kendaraan kamu dan jangan sampai ketinggalan dirumah. Patuhi rambu-rambu lalu lintas agar aman untuk semua orang. Pantau terus situs gaol bengkelantikarat.com yang bakalan kasih info mengenai otomotif terupdate sejagat. Bila perlu dishare juga, biar yang lain nggak kudet. Terima kasih

Incoming search terms:

  • Perubahan drastis pada motor yzf r1
  • tampilan spidometer yzf r1
Tampilan Garang Yamaha YZF R1 Terbaru | risqa | 4.5