14 Tips Jitu Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Kinclong

merawat motor saat musim hujanTips Jitu Merawat Motor Saat Musim Hujan

Tips Jitu Merawat Motor Saat Musim Hujan – Hallo…. jumpa lagi sodara-sodara. Nggak kerasa sudah masuk musim hujan. Dikota ane hujannya nggak berhenti- berhenti. Sedikit kesel pas habis nyuci motor malah hujan deras banget. Tapi mau apa dikata nyatanya tetep kotor lagi..hahahah

BTW postingan kali ini ane mau kasih tips buat merawat motor pas musim hujan. Kayaknya artikel ini bakalan membantu otomers sebagai pengguna motor agar motor tetep terjaga kualitasnya. Karena sebagai pemiliki kendaraan , hujan adalah saat dimana otomers harus melakukan perawatan extra kenapa demikian…? Karena air hujan sendiri mengandung kandungan asam yang bisa menyebabkan cat kendaraan motor luntur bahkan bisa menyebabkan motor menjadi berkarat.

Baca Juga :

Hujan memang sering mengganggu aktifitas. Namun, tuntutan aktifitas seperti kerja tidak bisa terhenti karena hujan, aktifitas-aktifitas seperti kerja dan sekolah harus tetapa berlanjut meski hujan mengguyur sederas apa pun. Alhasil, otomers pun harus rela berkedara dalam keadaan hujan. Hal ini dapat merusak motor otomers, karena air hujan mengandung zat asam yang dapat merusak cat hujan. Untuk itu, setelah digunakan pada saat hujan, motor otomers perlu perawatan ekstra. Tidak harus mencari perawatan yang ribet cukup dengan cara yang sedernana dan mudah dilakukan.

mencuci-motor-setelah-kehujanan

Untuk itu sebagai pemilik kendaraan sepeda motor , perawatan yang tepat saat musim hujan sangat penting agar motor otomers selalu dalam performance yang baik. Nah, berikut ini adalah 14 Tips Jitu Merawat Motor Saat Musim Hujan :

Tips Merawat Motor Saat Musin Hujan

  1. Siapkan Jas hujan
    Sebelum Otomers mengurusin masalah motor, jangan lupa equipment wajib buat penggendara sepeda motor. Jas hujan harus selalu sedia didalam box motor. Untuk saran usahakan jas hujan mengikuti model baju, hindari mengguanakan jenis jas hujan berbentuk kelelawar, karena sedikit berbahaya dalam menggunakannya.
  2. Rutin Mencuci Motor Setalah Digunakan Saat Hujan
    Otomers, kandungan asam pada air hujan terbilang tinggi. Jika motor setelah dipakai saat hujan tidak segera dicuci, kemungkinan motor akan cepat berkarat. Terutama pada bagian rantai dan velg dengan jenis vleg ruji. Air hujan ini juga mempengaruhi cat pada motor. Meskipun motor hanya diberikan stiker, tapi warna stiker tersebut akan gampang memudar jika tidar segera dicuci setalah terkena hujan. Bila memang tidak ada waktu, sempatkan untuk menyemprot saja pada bagian motor secara merata dan keringkan.
  3. Poles Motor Secara Merata dan Teratur
    Gunaka poles pada body motor untuk menjaga warna pada motor. Selain itu, memoles juga meminimalisir kandungan asam pada body motor. Poleslah motor dengan cairan pemoles motor yang mengandung silikon terbaik karna air hujan susah nempel di body motor. Pilih merk atau brand poles motor yang didalam kandungan polesnya tidak berbahaya bagi warna motor.
  4. Cek Rantai Motor
    Rantai merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah motor. Kebanyakan setelah hujan, banyak kotoran atau sampah yang ikut menyangkut di rantai motor. Selain itu kandungan pada genangan pada air hujan juga sangat berpotensi memiliki kandungan asam yang bisa mengakibatkan karat pada rantai motor. Kotoran yang menempel pada rantai dapat menyebabkan karat sehingga fungsi dari dari rantai ini pun tidak maksimal. Untuk pencegahan, bersihkan setiap sela dari rantai motor menggunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas.
  5. Gunakan Oli Rantai
    Selain rutin membersihkan rantai motor, kamu juga harus melumasinya dengan menggunakan pelumas khusus untuk rantai motor. Karena pada pelumas tersebut memang dibuat khusus untuk rantai motor. Jangan menggunakan pelumas dari oli bekas atau yang lainnya. Karena pada oli bekas tersebut memiliki banyak kandungan debu atau serpihan besi yang akan mengganggu kinerja dari rantai motor.
  6. Cek Kondisi Ban Sepeda Motor
    Cek kondisi ban dan velg. Apalagi anda menggunana jensi velg ruji. Velg ruji awan akan karat. Bersihkan Velg ruji kamu hingga kesela-sela velg ya. Gunakan sikat kecil yang memiliki lengan panjang agar bagian yang sulit dijangkau bisa dibersihkan dengan mudah.
  7. Bersihkan Kanvas Rem atau Cakram
    Tidak lupa juga kamu harus rutin membersihkan bagian pengereman. Karena bagian rem ini sangat penting sekali. Jika rem kamu mengalami karat, tentu akan sangat berbahaya saat kamu menggunakan motor kamu dijalan raya. Bersihkan hingga kesela-sela juga ya. Perhatikan juga kampas rem masih layak pakai atau tidak, jika kampas rem sudah habis, segera ganti dengan yang baru.
  8. Rutin Membersihkan Busi Motor
    Jika otomers pernah mengalami mogok motor pada saat digunakan saat hujan, rupanya tips berikut ini sangat cocok untuk otomers ikuti. Busi motor merupakan komponmen yang sangat sensitif terhadap air. Busi yang terkena air hujan sangat berpengaruh pada pengapian sehingga motor sering mati ketika digunakan pada saat hujan. Untuk itu, busi motor harus selalu dalam keadaan kering dan bersih. Pada saat musim hujan, sebaiknya lakukan pengecekan dan pembersihan serutin mungkin pada busi. Caranya gunakan lapa kering atau semprotan angin untuk membersihkan busi motor otomers. lakukan pembersihan hingga busi motor benar benar bersih sehingga motor mati di tngah jalan pun terjamin tidak akan terjadi.
  9. Bersihkan Knalpot Motor Serutin Mungkin
    Pada saat musim hujan, knalpot motor akan mudah kotor pada bagian leher dan bagian dalam knalpot. Oleh sebab itu, pembersihan harus rutin dilakukan pada knalpot motor. knalpot yang dibiarkan kotor berlama lama akan menyebabkan karat dan fungsinya pun tidak akan berjalan dengan sempurna. Membersihkan knalpot motor bisa dilakukan dengan cara keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpon, kemudian masukan oli ke dalam knalpot dan olesi bagian leher knalpot dengan menggunakan graase. Lalu panaskan kembali motor selama kurang lebih 5 menit. Lakukan hal tersebut setiap setalah otomers menggunakan motor pada saat hujan agar kebersihan dan fungsi knalpot tetap terjaga.
  10. Bersihkan Jari-jari Motor
    Tips selanjutnya adalah jangan melupakan untuk membersihkan jari jari motor setelah digunakan pada saat hujan. Setelah membersihkan jangan lupa ljuga untuk mengeringkannya karena jari jari motor yang dibiarkan basah akan mengakibatkan keropos pada velg motor.
  11. Kabel Body
    Kabel body dan socketnya pada motor, tentunya harus dijaga kekeringanbnya. Usahakan kabel dan socketnya ini tidak terkena air karena dapat menyebabkan konslet dan merusak sistem kelistrikan pada motor. Dengan begitu, motor otomers tidak akan berfungsi semaksimal mungkin.
  12. Pantau Saringan Udara
    Kotak saringan udara Udara merupakan unsur penting untuk pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin. Bila peranti ini basah karena air hujan masuk atau merembes ke dalamnya, maka udara akan bercampur embun.
  13. Rem Depan dan Rem Belakang
    Komponen motor yang sering terjadi saat musin hujan atau saat mengendari motor di musim hujan adalah REM bagian depan dan REM bagian belakang. Hal tersebut di tunjukan dengan adanya bunyi pada bagian rem.otomers tidak usah panik karena bunyi tersebut muncul akibat kanvas rem yang basah.
  14. Melakukan Servis Rutin
    Sebaiknya lakukan servis motor secara rutin di bengkel-bengkel resmi atau bengkel langganan otomers, agar motor otomers tetap awet dan tidak cepat rusak.

Demikian 14 Tips Jitu Merawat Motor Saat Musim Hujan. Pada dasarnya merawat motor pada musim hujan bisa dibilang susah-susah gampang, karena butuh ekstra tenaga dan kesabaran. Mungkin dari sekian kasus yang paing bikin bete adalah setelah motor habis dicuci bersih dan sudah dipoles, ah pas dipake lagi tau-tau hujan lagi. hahahahahahah…mangkannya butuh kesabaran juga.

Demikian tips yang bisa ane kasih. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk otomers semua dalam menjaga dan merawat motor masing-masing. Berkendaralah yang sopan dan jangan ngebut dijalan. Bawa terus surat-surat kendaraan kamu dan jangan sampai ketinggalan dirumah.

Patuhi rambu-rambu lalu lintas agar aman untuk semua orang. Pantau terus situs gaol bengkelantikarat.com yang bakalan kasih info mengenai otomotif terupdate sejagat. Bila perlu dishare juga, biar yang lain nggak kudet. Terima kasih

Incoming search terms:

  • ban belakang motor kotor susah kena air
  • cara bersihkan motor habis kena hujan kotoran
  • cara mengatasi les motor belum kering kena hujan
  • tips agar motor tidak berkarat terkena hujan
14 Tips Jitu Merawat Motor Saat Musim Hujan Agar Tetap Kinclong | risqa | 4.5